Tip Mengunjungi Islandia/Iceland

Penulis: Nenty Bertelsen (nenty@nenty.com / WA +3548644994)

Visa

Bagi para wisatawan Indonesia jenis visa/ijin masuk untuk Islandia adalah visa Schengen yang anggotanya terdiri dari 26 negara Eropa. Artinya pemegang visa jenis ini mempunyai kesempatan untuk mengunjungi negara-negara tersebut sampai validasinya berakhir. Pemerintah Islandia bekerja sama dengan kedutaan Denmark di Indonesia dalam menangani proses aplikasi dan pengeluaran visa Schengen. Tamu dari Indonesia bisa mengajukan permohonan visa Schengen melalui kedutaan besar lainnya seperti Prancis dan Belanda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Permohonan tersebut harus di ajukan ke negara tujuan utama atau yang disinggahi paling lama sesuai itinerary yang diajukan. 
  • single & multiple entry: (1) single entry artinya pemegang visa hanya boleh memasuki negara anggota Schengen satu kali in/out, (2) multiple entry artinya pemegang visa boleh memasuki negara Schengen beberapa kali sampai validasi berakhir. Contoh kasus: tamu A memegang Visa Schengen Single-Entry via Belanda menuju Islandia. Itinerary: Indonesia – 2 hari di Amsterdam – Iceland  langsung ke Indonesia. Saat perjalanan pulang, tamu A tidak bisa check-in luggagenya all the way ke Indonesia karena alasan tertentu sehingga mereka harus mengambil luggagenya di Schiphol-Amsterdam untuk di check in kembali melewati costum/badan imigrasi. Sesampainya di Schiphol, tamu A mengalami kesulitan keluar dari badan imigrasi karena dia telah memasuki teritori negara Belanda sebelumnya yang mana ijin “single-entrynya” telah digunakan. Proses perizinan memakan waktu yang lama dan komplek.  
credit: wikipedia

Proses aplikasi visa Schengen bagi semua kedutaan besar di tangani oleh instansi swasta VFS. Pada dasarnya proses pengajuan sangat mudah sekali dan memakan waktu singkat apabila semua persyaratan dilengkapi sebelumnya seperti dicantumkan di checklist ini.  Nenty Travel dapat membantu mengeluarkan surat undangan yang berisikan itinerary dan reservasi hotel bagi tamu kami. Banyak pula para tamu dari Indonesia yang melakukan reservasi temporari melalui perusahaan online baik itu hotel atau dummy-tiket pesawat untuk melengkapi persyaratan ini. Terjadi beberapa kasus dimana saat visa telah dikeluarkan, tiket pesawat pada tanggal tersebut tidak lagi tersedia dalam harga yang dibudgetkan dan Visa yang dikeluarkan hanya berlaku 2 atau 1 bulan sehingga fleksibilitas alternatif sangat terbatas. Konsekuensinya biaya travelling  membengkak atau melebihi budget semula. Oleh karena itu, informasi yang disampaikan harus betul-betul melalui proses pemikiran yang matang dan hati-hati.

Dress Code

Orang Indonesia terbiasa dengan cuaca tropis dan akan merasakan perbedaan suhu drastis saat mereka berada di Islandia. Terutama pada musim dingin yang mana suhu berkisar antara 0 s/d -15 derajat celcius, sedangkan pada musim panas suhu berkisar antara 5 s/d 15 derajat celcius. Di bawah ini adalah perlengkapan utama yang disarankan untuk dibawa terutama pada musim dingin dari bulan oktober s/d mei :

  • Long john / pakaian dalam tipis.
  • Kaus kaki tebal, topi dan sarung tangan yang di design khusus untuk udara yang sangat dingin.
  • Jacket tebal untuk musim dingin (waterproof / anti air)
  • Sepatu hiking (terutama musim dingin) atau sneaker
  • Syal
  • Antangin (herbal anti masuk angin) 🙂

Pada musim panas model jaket dan sepatu bisa lebih stylish untuk photo cantik. 

Cuaca

Letak Islandia yang terekspos oleh angin artik utara dan mediteranian, menyebabkan kondisi cuaca yang sulit diprediksi secara akurat. Prakiraan cuaca  oleh badan resmi dalam jangka waktu panjang sering kali meleset, walaupun tetap dijadikan barometer untuk pantauan kegiatan hari per hari.  Para turis yang mengunjungi Islandia, disarankan untuk tidak menggantungkan standar perjalanannya dengan kondisi cuaca, karena indahnya alam, sejuknya udara, nikmatnya air putih jernih, menariknya museum-museum yang dikunjungi beserta hal-hal positif lainnya bisa kita nikmati dalam cuaca apapun dengan berbekal spirit yang positif. Ada pribahasa lokal, “apabila cuaca sedang tidak bersahabat karena angin kencang atau hujan maka menepilah untuk menunggu selama 5 menit”.

 Hotel

Islandia adalah salah satu negara termahal di dunia baik bagi penduduk lokalnya sendiri maupun wisatawan asing. Penyebab utamanya adalah letak pulau yang terpencil dan terbatasnya sumber daya alam selain ikan dan sumber air mata panas.  Sebagian besar komoditas dalam negeri  adalah produk impor dengan menggunakan transportasi darat dan laut dengan ongkos yang tinggi sehingga menyebabkan harga komoditi di negara ini lebih mahal dari negara-negara tetangga. Tingginya biaya hidup menuntut upah yang sesuai pula. Kondisi ini menyebabkan praktek bisnis  di Islandia berbeda dengan negara-negara lainnya terutama kawasan Asia dimana di Islandia lebih mementingkan utility atau fungsi kegunaan daripada design yang mengedepankan sisi dekorasi. Kamar hotel di Islandia dan negara  Skandinavia pada umumnya mempunyai fasilitas kamar yang minimalis dan ukuran yang terbilang kecil, sebagai contoh  kamar kategori standar-twin di hotel bintang 4 sekitar 18-20 meter per segi. Saat ini (2017), hotel bintang 5 tidak/belum tersedia. Diluar kota pada umumnya hotel yang ada adalah bintang 3 atau guesthouse dan hanya beberapa dengan kategori bintang 4.

Pemerintah menerapkan aturan keamanan dan kesehatan yang ketat di iringi pengawasan yang cukup intensif terhadap hotel resmi yang beroperasi.  Oleh karena itu mayoritas hotel terjamin kebersihan dan keamanannya. Nenty Travel melakukan seleksi yang ketat dalam memilih hotel untuk para tamu kami.

Harga seasonal Hotel :

  • High-season Reykjavik dan sekitarnya 15 mei – 30 sept (pada umumnya).
  • High-season di luar Reykjavik juni-agustus
  • Shoulder season di Reykjavik dan luar kota mei & sept (beberapa hotel di Reykjavik dan umum diluar kota)
  • Low season Reykjavik dan sekitar oktober – april (pengecualian hari besar seperti natal dan tahun baru)
  • Low season hotel di luar kota oktober – april (banyak hotel di luar kota tidak beropearsi pada musim dingin)

Kulinari

Kulinari khas lokal Islandia dipengaruhi oleh kehidupan pendatang dimasa lampau atau dikenal dengan para Viking. Pada saat itu, mereka mengembangkan sistem kulinari dengan persediaan yang terbatas yaitu binatang ternak seperti domba, makanan dari olahan susu dan ikan. Ciri khas makanan lokal yang populer antara lain :

  • Skyr (semacam yogurt kental)
  • Hangikjöt (daging domba asap)
  • Súrmatur (dalaman daging kambing yang diasamkan)
  • Kleinur (pastry goreng/kue kering)
  • Rugbraud (roti gandum berwarna coklat dengan rasa manis)
  • Ikan yang dikeringkan

Bagi para pencinta kulinari yang menyukai tantangan, maka direkomendasikan untuk coba “hákarl” atau daging hiu yang difermentasikan. Baunya cukup menyengat dengan potongan daging ukuran dadu kecil yang empuk. “Hákarl” biasanya dikombinasikan dengan minuman Brennivin (schnapps khas Islandia) untuk menetralisir rasa dan bau.

Makanan asia (Cina, Thailand dan Vietman), saat ini banyak ditemukan di Reykjavik dan sekitar sedangkan di luar kota sangat jarang sekali  .

Tips : saat membeli paket tour dari biro perjalanan makan malam di ibu kota lebih baik dikecualikan untuk menekan harga.

Rate makanan utama : makanan asia  berkisar  € 13 -24. Makanan lokal, Itali, Prancis, Spanyol dll berkisar € 34+ (note: Restaurant link hanya referensi, tanpa ada bisnis korelasi)

Bahasa

Icelandic / b. Islandia adalah bahasa nasional  yang merupakan bahasa Norwegia kuno. Bahasa Islandia dijaga keasliannya dengan menghindarkan penggunaan istilah asing dalam kosakata, contohnya dalam bahasa Islandia sími adalah telephone yang merupakan istilah yang digunakan secara internasional. Penduduk lokal hampir seluruhnya mengerti dan mampu melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris. Karyawan di restoran, toko, instansi pemerintah dan tempat-tempat lainnya dapat berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu tamu Indonesia tidak usah khawatir akan mengalami kesulitan berkomunikasi selama berada di negara indah ini.

 


Nenty Travel adalah biro perjalanan resmi yang berlokasi di Islandia – didirikan dan dikelola oleh anak nusantara. Perusahaan kami khusus melayani wisatawan dari Indonesia dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia pariwisata Islandia (inbound).

Tour dengan harga bersaing kami tawarkan di website  dengan bonus akses komunikasi bagi para tamu sebelum, sedang dan setelah tour. Keberadaan perusahaan ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran wisatawan Indonesia selama berada di Islandia.

Tour Puffin & Whale Watching di Reykjavik

Golden Circle – Minibus (max 18 pax)

Southshore – Minibus (max 18 pax)

Danau-Es Jokulsarlon (day trip 14 jam)

 

All rights reserved © Nenty Travel 2017