Sekilas Tentang Islandia

Penulis: Nenty Bertelsen (nenty@nenty.com / WA +3548644994)

Islandia dikenal dengan sebutan negara Skandinavia ataupun Nordik (norden/north/utara) karena keterikatan sejarah, budaya, bahasa dan letak wilayah dengan negara Skandinavia dan Nordik lainnya seperti Swedia, Norwegia dan Denmark.

Apa yang menarik dengan Islandia bagi wisatawan  Indonesia ? “Keunikan alam, budaya lokal, sejarah, kulinari, kesunyian dan gaya hidup keseharian masyarakat setempat dan tentu saja madam Aurora”

credit: Paul Morri

Islandia aka Land of Ice and Fire  merupakan bagian dari Mid Atlantic Ridge yang kaya akan gunung berapi aktif dan merupakan salah satu pusat penelitian geologi di dunia yang mempunyai kemiripan dengan negara Indonesia yang merupakan bagian dari Ring of Fire.  Setiap tahunnya pemerintah Islandia memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk mempelajari ilmu geologi dan geothermal di Universitas Negeri Islandia.

“Vatnajökull” adalah  gunung es/gletser terbesar yang meliputi total 8 persent daratan Islandia. Gunung-gunung es lainnya pun tidak kalah menarik dan mempunyai ukuran yang luas, seperti Langjökull dan Myrdalsjökull. Berbagai macam aktifitas dapat dilakukan seperti “jeep tour”, “snowmobile”, walk-on ice”, “Ice-caving” dsb, yang mana tentunya akan menjadi pengalaman menarik bagi para wisatawan nusantara

Istilah “Viking” melekat dengan Islandia. Menurut salah satu cerita sejarah, Viking adalah sebutan untuk sekelompok orang dengan mayoritas lelaki Norwegia yang tidak mempunyai lahan pertanian untuk menghidupi keluarganya . Oleh karena itu, mereka mencari mata pencaharian dengan merampok gereja-gereja di negara tetangga pada musim panas, kemudian membawa rampokannya kembali ke Norwegia. Transportasi saat itu, hanyalah dengan mengendarai kapal layar, sehingga Norwegia pada zaman itu mempunyai tekhnologi perkapalan yang lebih maju dari negara lainnya. Petualangan para Viking sampai pula di Islandia yang pada abad ke-8 adalah pulau tak bertuan. Menurut sejarah Ingolfur Arnason adalah orang Norwegia pertama yang memutuskan menetap di Islandia pada tahun 874.

Burung puffin” adalah salah satu satwa khas negara ini yang datang dan menetap pada musim panas dilokasi tertentu yang tersebar di beberapa tempat di Islandia. Wisatawan Indonesia sering bertanya mengenai “penguin” yang tentunya adalah satwa yang berkomunitas di kutub selatan

Whale Watching Iceland Puffins

dan tidak ditemukan di Islandia. Satwa lainnya yang sering dipertanyakan adalah beruang kutub / polar bear. Greenland adalah negara dimana komunitas beruang kutub berada karena kondisi alam Greenland yang dingin dengan ketersediaan dataran dan laut yang tertutup es sepanjang tahun. Beruang kutub yang singgah di Islandia dikondisikan sebagai binatang terdampar dan harus dilumpuhkan (baik di bius atau ditembak mati) karena dianggap membahayakan jiwa penduduk setempat.


Nenty Travel adalah biro perjalanan resmi yang berlokasi di Islandia – didirikan dan dikelola oleh anak nusantara. Perusahaan kami khusus melayani wisatawan dari Indonesia dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia pariwisata Islandia (inbound).

Tour dengan harga bersaing kami tawarkan di website  dengan bonus akses komunikasi bagi para tamu sebelum, sedang dan setelah tour. Keberadaan perusahaan ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran wisatawan Indonesia selama berada di Islandia.

Tour Puffin & Whale Watching di Reykjavik

Golden Circle – Minibus (max 18 pax)

Southshore – Minibus (max 18 pax)

Danau-Es Jokulsarlon (day trip 14 jam)

 

All rights reserved ©Nenty Travel 2017