Aurora Borealis (Northern Lights)

Penulis: Nenty Bertelsen                             (nenty@nenty.com / WA +354 8644994)

Aurora Borealis adalah pantulan cahaya alami dilangit yang hanya bisa dilihat pada musim dingin di lokasi dengan garis lintang tinggi seperti kawasan artik dan antartika. Aurora Borealis pada dasarnya di dominasi oleh warna hijau, tetapi pada saat kekuatan pancarannya kuat kombinasi beberapa warna akan muncul seperti pink, biru, ungu, kuning dan orange.

credit: Paul Morris

PENJELASAN ILMIAH

Aurora Borealis terjadi saat adanya koalisi antara partikel gas di atmosfer bumi dan partikel listrik yang dipantulkan oleh matahari. Warna-warni cahaya yang terlihat dikarenakan oleh macam/tipe dari partikel gas yang bertabrakan tersebut. Warna hijau muda kekuning-kuningan yang merupakan warna yang sering dan paling umum muncul, dihasilkan yang oleh molekul oksigen yang terletak sekitar 97 km (60 mil) dari bumi.  Sedangkan warna lainnya yang jarang muncul, seperti merah dihasilkan molekul oksigen dari ketinggian 322 km (200 mil). Sedangkan nitorgen menghasilkan warna biru atau merah ke ungu-unguan.

Penjelasan detail secara ilmiah proses terciptanya sinar Aurora bisa di jelaskan sebagai berikut :

Temperature di lapisan luar matahari berkisar ribuan derajat celsius. Pada temperatur sepanas ini, benturan/kolisi antara molekul gas sering kali terjadi dan menimbulkan ledakan. Elektron-elektron yang terbebas akibat benturan tersebut, terlempar dari atmosfer matahari saat matahari berotasi. Elektron-elektron tersebut keluar dari lubang-lubang medan gaya (magnetic field) matahari. Lalu tertiup oleh angin matahari ke bumi. Partikel yang beraliran listrik tersebut dibelokkan oleh medan gaya (magnetic field) bumi. Di kutub utara dan selatan, kekuatan medan gaya bumi sangat lemah, oleh karena partikel bermuatan listrik yang dipantulkan oleh menerobos masuk ke atmosfer bumi dan bertabrakan dengan partikel gas bumi. Kolisi ini menghasilkan cahaya yang berdansa di atas langit kutub utara dan selatan. Cahaya dari Aurora terletak di jarak 80 km (50 mil) sampai dengan  640 km (400 mil) dari permukaan bumi.

LOKASI IDEAL

Aurora bisa terlihat di bumi bagian utara (Northern Lights/Aurora Borealis) dan selatan (Southern Lights/Aurora Australis), terpusat di magnet kutub dengan bentuk oval yang tidak teratur.

Karena artikel ini berkaitan dengan Northern lights, maka dibawah ini daftar Negara-negara yang ideal untuk melihat Northern Lights

  • Islandia/Iceland
  • Norwegia (Svalbaard)
  • Swedia (Jukkaswarvi)
  • Finlandia (Kakkslauttanen / Lapland)
  • Kanada Utara
  • Amerika (Alaska)

Syarat utama untuk bisa melihat cahaya Aurora adalah berada di lokasi yang gelap (tidak ada polusi cahaya) dan kondisi langit yang cerah (tidak berawan). Di Islandia terdapat banyak hotel di luar kota dengan lokasi yang ideal untuk menyaksikan keindahan phenomena alam Aurora Borealis. Oleh karena itu, tidak lah mengherankan apabila Islandia menjadi salah satu negara terpopuler diantara para wisatawan pemburu Madam Aurora.

WAKTU PALING IDEAL

Aurora hanya bisa dilihat pada musim dingin dari bulan September (mulai dari tgl 15) s/d pertengahan april yang merupakan periode resmi dimulainya Tour Aurora khususnya di Islandia. Tahun 2015 ini,  Aurora Borealis mulai terlihat pada bulan agustus.  Untuk memantau prakiraan Aurora Borealis bisa dilihat di website ini : http://www.gi.alaska.edu/

CERITA LEGENDA

Auroa Borealis mempunyai arti secara literal “fajar (daerah) utara”.

Menurut mitos di Romawi, Aurora adalah dewi fajar. Pada abad pertengahan, munculnya cahaya Aurora di percayai sebaga pertanda akan terjadinya peperangan atau bahaya kelaparan. Suku Maori di Selandia Baru percaya bahwa cahaya Aurora adalah refleksi dari obor atau api unggun.

Suku Indian Menominee di Wisconsin Amerika percaya bahwa cahaya Aurora mengindikasikan lokasi keberadaan para raksasa yang merupakan roh dari “pemburu dan nelayan hebat”. Suku Inuit di Alaska percaya bahwa cahaya Aurora adalah roh dari binatang-binatang buruan mereka, seperti: anjing laut, salmon, rusa dan ikan paus. Suku aborigin percaya, bahwa cahaya Aurora adalah kumpulan roh dari anggota komunitas mereka yang telah meninggal.

Penduduk Jepang dan Cina percaya bahwa cahaya Aurora bisa memberikan efek kesuburan dan lancarnya proses kelahiran dari bayi yang mereka kandung. Mereka juga percaya bahwa proses terkandungnya seorang bayi dibawah cahaya Aurora kelak akan menjadi orang beruntung dalam masa hidupnya.

Menarik bukan ? :).

Nenty Travel adalah biro perjalanan resmi yang berlokasi di Islandia – didirikan dan dikelola oleh imigran dari Indonesia dengan pengalaman lebih dari 10 tahun menangani tour di Islandia. Saat ini kami menawarkan Aurora tour seri dari bulan OKTOBER S/D MARET reservasi bisa langsung di website kami: 

Iceland Aurora Tour 5M/6H – Guide b. Indonesia